Saturday 29 October 2011

PERIBAHASA

Peribahasa dalam Bahasa
D
alam usaha memanusiakan manusia yang belum jadi manusia….he…he..he… banyak peribahasa dalam bahasa Indonesia yang memberikan gambaran perilaku-perilaku manusia yang perlu dijadikan cermin atau contoh bagi kehidupan kita. 
K
etika kita belajar kita harus mempunyai prinsip “ Alah bisa karena biasa “ segala sesuatu dapat dilakukan itu karena biasa dilakukan. Ketika kita sudah dapat menguasai sesuatu kemampuan  haruslah kita juga menganut ilmu padi “ semakin berisi semakin merunduk “ atau jadilah “ Air tenang menghayutkan “ atau walaupun berpanampilan sederhana tetapi mempunyai kemampuan yang luar biasa . Janganlah ada kesombongan di dalam diri kita apalagi ketika kita belum menguasai apa-apa “Bagai tong kosong nyaring bunyinya” untuk menyembunyikan ketidakmampuan maka ‘banyak omonglah yang dikerjakan’ atau biasanya orang seperti ini diumpamakan “ Air beriak tanda tak dalam “.
D
alam persiapan mengarungi kehidupan yang penuh persaingan ini isilah hidup kita dengan segala macam kemampuan,  jangan sampai kita mengalami “ gunung kan ku daki, laut kan ku seberangi apa daya tangan tak sampai”.
D
emikian saja walau pendek tapi lumayan tuk mengisi ruang yang kosong mudah-mudahan bermanfaat. “Kalau ada jarum yang patah jangan simpan di dalam peti, Kalau ada kata yang salah jangan di simpan dalam hati “.” Kalau ada sumur diladang boleh kita menumpang mandi, kalau ada umur panjang kita boleh berjumpa lagi”. Apa lagi ya…….

Penulis : Nurlatif  Muslim.
Guru SDN Belendung III
Hak cipta dilindungi undang-undang.                 

No comments:

Post a Comment